Senin, 17 September 2012

Profesi di Dunia IT dengan Latar Belakang Ilmu Komputer*

Sumber info lengkapnya : http://codelabour.wordpress.com/2009/06/01/profesi-di-dunia-it-bagian-2/

Oke, Alhamdulillah setelah membacanya , saya InsyaAllah akan memfokuskan keahlian di bidang
Desktop Application , Web Applicatiodan Database Application. Mengapa ketiga tersebut? Karena berdasarkan konsultasi singkat saya dengan kakak2 yang sudah kerja, PKL, mayoritas mereka berhubungan dengan ketiga hal tersebut.  Oleh karena itu, untuk persiapan PKL kelak di semester 7, saya harus menggapai target keahlian yang diperlukan untuk di bidang ketiga di atas. Pas sekali selama 3 semester( mulai dari semester 4-6) untuk gali dan asah skill teknis ketiga bidang tersebut. Semoga dan HARUS DILAKSANAKAN , InsyaAllah BISA!! SEMANGKAA !! Saya ingin pas PKL sudah mempunyai keahlian minimal ketiga bidang tersebut.AAMIIN;;  Terima kasih banyak atas saran dan konsultasinya kakak2 (Mas Farhad,Mas Weikhdal,Mas Aly,Mas Abrar, Mas Dani), tar kalau di tengah jalan bingung, konsultasi lagi ya kakak2.. :-)
Berikut target keahlian yang HARUS DICAPAI :
Desktop Application (aplikasi yang berwujud Windows Form, WPF, XWindows atau jenis GUI lainnya yang berjalan di O/S masing-masing)
Web Applicatio(aplikasi yang user interface-nya berwujud HTML dan diakses dengan web browser, biasa dikembangkan dengan framework PHP, ASP.Net, Java, Spring, Ruby on Rails dll )
Database Application (aplikasi yang memerlukan akses ke database menggunakan teknologi seperti ADO.Net, OLEDB, ODBC, JDBC, ORM, Hibernate dll)
Memahami RDBMS dan SQL (Structured Query Language)
Menguasai ERD, SQL dan desain database secara mendalam
Menguasai berbagai teknik optimalisasi/tuning, backup dan maintain database
Menguasai secara mendalam salah satu atau lebih RDBMS beserta tools yang ada.
Memahami tentang salah satu platform/bahasa pemprograman untuk mengakses database
Menguasai teknologi server, storage, operating system yang berkaitan dengan implementasi database
*untuk database belum mengenal di atas sama sekali..TAPI perlahan seiring berkembangnya waktu juga insyaAllah mengerti :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar