Rabu, 19 September 2012

Daya Tarik Interface Windows Explorer || Windows 7

Di bawah ini merupakan salah satu contoh sederhana bentuk interaksi manusia dan komputer  (IMK) yang menarik bagi penulis, yang tak lain kita pun sering melihatnya dan menggunakannya.  Bersamaan dengan ini juga mari kita lihat perbandingan interface  windows explorer  dalam sistem operasi  Windows XP dan Windows 7. Mari kita explore

Windows XP


Windows 7
==========================================================================
Keterangan :
 

1. Menu Back memudahkan kita untuk kembali ke proses sebelumnya. Dalam Windows XP pun tersedia menu ini, tetapi interface-nya lebih menarik Windows 7.
    2. 
    Hal tersebut akan sangat membantu history kita saat membuka suatu file. Ini pun kita jumpai di Windows XP dan Windows 7, namun tetap dari segi interface lebih menarik Windows 7.
    3
    Ya, menu Burn khusus dalam Windows 7 otomatis tersedia, sehingga kita tidak perlu menginstal program burning.

    4.    
    Demikian juga otomatis telah tersedianya menu New Folder ,yang bila kita menggunakan Windows XP untuk  membuat New Folder haruslah dengan cara manual, seperti klik kanan di area kosong dan klik New Folder.

    5.   Posisi menu Search  pun lebih eye catching dibandingkan dalam windows XP yang terletak di sebelah pojok kiri dan harus dengan cara manual jua.
    6.     
    Nah, ini yang lebih menarik lagi, kenapa? Ya karena ini fitur yang otomatis ada di Windows 7 untuk melihat isi dari file yang kita sorot, di mana jika dibandingkan dengan Windows XP maka kita haruslah lagi-lagi membukanya dengan cara manual hanya sekadar untuk melihat sepintas isi dari file tersebut.


    7.      Selain kita bisa melihat sepintas isi file jua , kita bisa men-scroll jika file-nya terlalu panjang halamannya. 

    8. Meskipun dalam Windows XP pun sama , tetapi di sini lebih lengkap informasi yang diberikannya seperti ada keterangan info authors dan pages.

    Demikian alasan daya tarik interface  windows explorer  pada Sistem Operasi  Windows 7 menurut penulis. Secara keseluruhan , interface tersebut sangat menarik bagi user, tetapi akan lebih menarik lagi jika ke depannya developer  Windows 7 menambahkan fitur pada nomor  7 di mana selain bisa men-scroll juga ada fasilitas mengkopi isi file tersebut.

    Silakan, jika berkenan untuk mengomentari postingan ini. Terima kasih atas perhatiannya.  

    9 komentar:

    1. design interface windows emg smkin brkmbang.bgitu juga prbndingan windows 7 dan windows 8

      BalasHapus
      Balasan
      1. ia betul Uci, sama halnya dengan makhluk hidup yang selalu berkembang :D

        Hapus
    2. Setuju sama Mumu. Usernya jadi bisa lebih gampang makenya \m/

      BalasHapus
    3. saya baru tau.trnyt ada fitur ky gtu.nice inpoh

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wah beneran Dias? iya ternyata ada yang baru tahu juga ya,alhamdulillah berarti ini memang bener menarik interface nya ...

        Hapus
    4. @Suci: +1 ;)

      Wajar, karena produk ini dikembangkan terus ;) Who knows, Windows 9 akan jadi apa. Mungkin pada saat nanti, kita menanggap Win7 terlalu jadul dan kurang interaktif.

      BalasHapus
    5. setuju sama mbak iin ma mas babas... semakin hari, semua developer dan vendor psrti berusaha menyediakan aplikasi yang makin menarik dari hari ke hari,... sebagai pengembangan untuk menutupi kekurangan yang ada sebelumnya.... tetapi kalau sudah pernah mencoba sistem operasi Windows 8, tampilan sangat berubah drastis... dan mungkin bagi sebagian orangtua (khususnya orang tua yang agak kurang peka terhadap perubahan teknologi) akan susah untuk beradaptasi lagi...

      jadi perlu diperhatikan juga, tidak hanya harus menarik, tetapi harus juga memperhatikan kebiasaan user dan tidak bagus juga jika berubah interface secara signifikan secara langsung...

      slow but sure... :D

      ---

      sekian

      http://my13dream.blogspot.com

      BalasHapus
    6. Interface yang semakin berkembang dan mempermudah user, memang harus diterapkan dengan prkembangan teknologi.. :)

      BalasHapus