Minggu, 02 Oktober 2011

Pemecahan Masalah dan Perencanaan

Pemecahan Masalah dan Perencanaan
Oleh :
MUTHMAINNAH R.A.
G64100076
Mayor : Ilmu Komputer
Minor : Manajemen Fungsional

Alkisah, ada seorang teman yang kini ia telah menduduki masa studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yakni Institut Pertanian Bogor (IPB) ,  setiap insan pasti tak luput dari masalah, begiu pun yang dialaminya. Masalah kecil maupun besar baginya. Manajemen waktu ialah masalah yang sering dialami oleh setiap orang, ia bingung membagi waktu antara tidur malam dan bangun malam untuk belajar, kesehatan ialah paling vital namun ilmu juga tak kalah darinya.
Pemecahan masalahnya ialah kita harus memberi bobot ke kriteria, nah kalau masalahnya tidur malam dan belajar malam, maka kita harus pandai mengelolanya , oleh karena itu alangkah baiknya tidur malamnya lebih sore dan bangunlah pada dini hari tuk belajar. Begitulah solusi yang tepat. Jika hal tersebut tidak bisa dilaksanakan, maka susunlah alternatif yakni belajar sampai larut malam dan setelah belajar , tidur sampai waktunya. Dalam alternatif, maka harus pandai-pandai menganalisisnya, memilih,dan mengimplementasikan alternatif terpilih, serta tak lupa evaluasilah efektivitas keputusan.

Usai masalah telah terpecahkan, maka susunlah perencanaan jangka pendek dan jangka panjang guna hidupmu lebih terarah dan termotivasi. Selain itu, perencanaan akan memberikan arah dan menghasilkan usaha yang terkoordinasi, mengurangi ketidakpastian dengan mendorong kita untuk melihat ke depan, mengantisipasi perubahan, memigpertimbangkan dampak perubahan,  dan menyusun tanggapan yang tepat, perencanaan juga meminimalkan pemborosan dan dapat menjadi standar yang digunakan dalam pengendalian. Masih dalam kisah yang sama, seorang teman mempunyai perencanaan jangka pendek selama satu tahun ke depan dan perencanaan jangka panjang selama empat tahun ke depan.

Rencana jangka pendeknya selama satu tahun ke depan ialah akedemiknya lancar dan sukses , setiap mata kuliahnya minimal memperoleh yang terbaik dan memberikan yang terbaik untuk orang yang ia sayangi, dan menghadiahkan IP dan IPK kepada orangtuanya dengan harapan orangtuanya tersenyum, softskill pun sebagai ketua departemen kewirausahaan di OMDA Cirebon ia pegang dan laksanakan semua dengan tuntas dan terbaik. Sehingga hardskill dan softskill seimbang.  Rencana jangka panjangnya selama empat tahun ke depan ialah telah menjadi pengusaha sebelum wisuda, menjadi Staff IT / Pranata Komputer/Programmer, dan ingin mendapatkan beasiswa penuh S2, serta memiliki keluarga sakinah, mawaddah, dan warohmah, AAMIIN..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar