Sabtu, 15 Oktober 2011

Cara Membuat Rencana Bisnis


Bisnis plan atau yang sering dikenal dengan nama rencana bisnis sangatlah penting didahulukan sebelum kita melangkah lebih lanjut dalam dunia bisnis. Rencana bisnis ini mencakup semua hal yang dibutuhkan, kekurangan serta kelebihan suatu bisnis dibandingkan dengan pesaingnya. Memang banyak sekali variasi dalam membuat rencana bisnis, namun kami akan mencoba untuk menerangkan rencana bisnis yang memang bisa dikatakan simpel dan sangat efektif digunakan hampir dalam semua tipe bisnis, sebut saja rencana bisnis ala twentea ^^
Sejarah bisnis
Didalam sejarah bisnis anda bisa mencoba untuk menjelaskan latar belakang dari bisnis yang akan anda rintis, anda tidak perlu menjelaskan secara detail, cukup dengan 2 sampai 3 paragraf namun sudah menjelaskan intinya. Kemudian anda jelaskan juga tujuan dari bisnis anda. Didalam tujuan ini anda bisa uraikan tujuan berupa poin-poin. Lalu hal terakhir yang diperlukan dalam bagian sejarah bisnis adalah konsep dan ide yang akan anda terapkan dalam bisnis ini.
Produk
Didalam suatu bisnis sangatlah mustahil jika tidak ada produk untuk dipasarkan. Produk ini bisa berupa barang ataupun jasa. Nah, didalam bagian ini anda perlu mendeskripsikan jenis produk anda, serta berilah keterangan singkat supaya pembaca dapat mengerti produk anda. Anda juga bisa menjelaskan produk dari kompetitor anda secara singkat pada bagian ini. Setelah itu anda jelaskan fitur unik apa saja yang disandang oleh produk anda, apa saja kelebihan produk anda dibandingkan dengan kompetitor anda, pastikan hal ini benar-benar menarik perhatian pembaca. Kemudian anda lanjutkan dengan penjelasan mengenai teknologi yang anda gunakan serta yang terakhir adalah positioningdari produk anda. Positioning yang dimaksud adalah dimanakan produk anda ditempatkan di pasar, apakah produk anda diperuntukan bagi kalangan bawah sampai menengah, atau menengah keatas.
Proses Operasional
Ada 2 sub-bagian pada proses operasional yakni, pembangunan, serta peluncuran produk. Pada bagian pembangunan anda uraikan proses pembuatan produk anda, serta waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh produk yang sudah anda rencanakan. Kemudian pada saat peluncuran anda uraikan waktu yang tepat untuk meluncurkan produk serta anda uraikan juga proses pelucurannya, apakah anda akan melakukan Quality Control terlebih dahulu, atau langsung meluncurkan produk ke pasar.
Strategi Pemasaran
Bagian ini adalah bagian terpenting dari semua bagian dalam suatu rencana bisnis, karena pembaca pasti sangat ingin mengetahui bagaimana produk yang dimaksud dipasarkan. Pemasaran yang tepat akan menghasilkan keutungan yang maksimal dimana sebaliknya pemasaran yang buruk pastinya akan sulit untuk memperoleh keuntungan. Pada bagian ini ada 3 hal penting yang perlu anda jelaskan yaitu,konsumen dan pasarharga serta promosi Pada bagian konsumen dan pasar anda jelaskan siapa calon pembeli produk anda dan apakah mereka pantas untuk membeli produk anda. Kemudian harga, anda jelaskan harga dari produk anda dan mengapa anda pilih angka tersebut. Kemudian bagian promosi adalah tempat dimana anda menjelaskan semua proses pemasaran produk anda. Budgeting tidak perlu anda bahas dulu dibagian ini, anda hanya jelaskan metode-metode promosi apa saja yang akan anda gunakan.
Informasi Keuangan
Bagian terpenting kedua adalah informasi keuangan. Pembaca pasti sangat ingin mengetahui berapa jumlah biaya yang diperlukan dalam bisnis yang akan dirintis ini. Ok, pada bagian ini anda perlu bahas jumlah pengeluaran yang diperlukan sampai produk anda dipasarkan serta tentunya adalah biaya pemasaran seperti yang sudah dijelaskan pada bagian strategi pemasaran. Kemudian setelah anda mendapatkan angka pada bagian pengeluaran, anda jelaskan proyeksi keuntungan yang akan didapatkan. Sebaiknya anda uraikan proyeksi ini 1-2 tahun kedepan, apakah dalam kurun waktu tersebut anda sudah bisa balik modal. Pastikan pada bagian ini angka-angka sangat spesifik serta perhitungan harus sangat mendetail.
Sumber Daya Manusia
Perlu anda jelaskan siapa-siapa saja yang akan terlibat dalam pembangunan bisnis atau produk anda. Uraikan tugas dari masing-masing orang yang akan anda pekerjakan.
Permintaan Pendanaan
Jika semua hal diatas sudah anda uraikan secara mendetail, sekarang saatnya anda uraikan apa yang anda butuhkan. Tentu saja dana segar dari siapa saja yang siap untuk memberikannya kepada anda. Bagian ini sangat berhubungan erat dengan bagian informasi keuangan. Juga pada bagian ini anda jelaskan mengapa calon investor harus berinvestasi pada bisnis anda.
Nah, rencana bisnis yang sudah dijelaskan diatas juga bisa digunakan jika twentea’ers dimintai oleh bos untuk membuat perencanaan bisnis suatu produk/jasa suatu perusahaan. Perlu diketahui dalam membuat rencana bisnis ini tidak bisa diselesaikan dalam waktu 1-2jam, anda harus banyak melakukan penelitian dari bisnis yang akan dijalankan. Inti dari rencana bisnis adalah meyakinkan calon investor bahwa bisnis anda sangat berpotensi untuk menghasilkan keuntungan yang tidak terbatas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar