Selasa, 20 September 2011

SIAPKAH ANDA GO TO GLOBAL?

Parokialisme ialah pandangan sempit terhadap dunia ketidakmampuan mengenali perbedaan di antara orang. Jika anda ingin go global maka salah satunya ialah harus mampu menghindarkan sikap parokialisme. Sebagai seorang manajer anda memegang andil besar dalam memanaj perusahaan pribadi atau tempat kerja. Go global, impian terbesar tiap perusahaan, lalu bagaimana cara perusahaan menjadi global? Lazimnya organisasi itu melangkah melalui tiga tahap. Tiap tahap yang berurutan memerlukan investasi yang lebih global. Nah, apa saja tiga tahap tersebut? Oke, pada postingan ini Anda akan tahu mengenai kesiapan Anda go to global khususnya sebagai manajer.


Tahap pertama ialah ekspor-impor , tahap kedua merupakan metode awal untuk masuk ke luar negeri secara terang-terangan. Yang dilakukan adalah memperkerjakan perwakilan asing atau melakukan perjanjian bidang pabrikan di luar negri, Tahap ketiga ialah Operasi internasional yang mapan. Pada tahap ini, terdapat empat tingkatan yang harus dilalui , yaitu:

  1. Pemberian lisensi/waralaba
  2. aliansi strategis
  3. usaha patungan
  4. anak perusahaan luar negeri

Dalam perencanaan global pun, Anda harus mengelola, baik di lingkungan hukum-politik, ekonomi, dan kebudayaan. Lalu, apakah penugasan global cocok bagi anda? Keputusan itu didasarkan pada kriteria pemilihan karyawan yang dipengaruhi oleh pengalaman perusahaan itu dan komitmennya terhadap operasi global. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan penyesuaian seseorang dengan penugasan di luar negeri adalah keterampilan sosialisasi organisasinya.

Nah, ayo para manajer siapkan perusahaan Anda go to global !

sumber : Munandar, Jono M.,dkk.2008.Modul Kuliah 1 Pengantar Manajemen.Bogor:Dept. Manajemen FEM IPB.http://manajemen-ipb.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar